Sudah Diresmikan, Inilah Gedung Kuliah yang Berdiri Megah di Kota Blitar

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, S.T, M.Sc, Ph.D, pada Jumat, 9 April 2021 lalu telah menandatangani prasasti sebagai simbol telah diresmikannya Gedung Kuliah Terpadu Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar. Penandatanganan prasasti ini disaksikan oleh Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Dr. Benny Bandanadjaja, S.T, M.T dan Direktur Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar, Drs. Pudji Herijanto, M.AB beserta direktur politeknik dan akademi komunitas negeri yang lain. Acara penanda tanganan prasasti ini merupakan rangkaian kegiatan peresmian Gedung Kuliah Terpadu Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar, yang sebelumnya digelar pada 18 Maret 2021. Nantinya, prasasti yang telah ditanda tangani tersebut akan dipahat pada gedung yang telah berdiri megah di jalan dr. Sutomo nomor 29 Kota Blitar.

Gedung kuliah terpadu, yang didanai oleh Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Tahun 2020 ini merupakan gedung kuliah pertama yang dimiliki Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar. Berdasarkan master plan yang ada, gedung tersebut akan disusul oleh gedung-gedung lainnya, yang pembangunannya akan dilakukan secara bertahap di tahun-tahun mendatang. Oleh karena itu, penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh sosok yang dikenal dengan banyak gebrakan baru dalam meningkatkan citra vokasi ini, menjadi simbol yang bernilai histori bagi Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar.

Keterangan gambar: Dirjen Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, S.T, M.Sc, Ph.D, Menandatangai Prasasti Peresmian Gedung Kuliah Terpadu AKN Putra Sang Fajar Blitar (AKB) Disaksikan Oleh Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Dr. Benny Bandanadjaja, S.T, M.T (keempat dari kanan), Direktur AKN Putra Sang Fajar Blitar, Drs. Pudji Herijanto, M.AB (keempat dari kiri), beserta Direktur Politeknik dan Akademi Komunitas Negeri se-Jawa Timur

Tidak hanya ruang perkuliahan yang nyaman, Gedung Kuliah Terpadu Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar ini juga dilengkapi dengan laboratorium dan peralatan modern untuk mendukung perkuliahan. Terdapat dua belas laboratorium yang dapat digunakan untuk tiga program studi yang ada di Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar. Lima laboratorium dikhususkan untuk mahasiswa program studi Penyuntingan Audio dan Video, diantaranya Laboratorium Multimedia, Laboratorium Interaksi Manusia dan Komputer, Laboratorium Desain dan Percetakan, Laboratorium Audio dan Video, serta Laboratorium Fotografi, Game dan Animasi. Lima laboratorium lainnya ditujukan untuk mahasiswa Administrasi Server dan Jaringan Komputer serta kekhususan Administrasi Perkantoran yaitu Laboratorium Pemrograman Web, Laboratorium Pemrograman Dasar, Laboratorium Jaringan, Laboratorium Komputer Perkantoran dan Laboratorium Mini Office. Dua lainnya merupakan fasilitas yang disediakan untuk mahasiswa Pengolahan Hasil Ternak Unggas, yaitu Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Pengolahan. Dengan sarana dan prasarana yang sangat representatif ini, diharapkan lulusan Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar memiliki ketrampilan yang unggul dan semakin kompeten pada bidang masing-masing. Hal ini senada dengan apa yang disampaikan dalam sambutan Bapak Wikan Sakarinto pada rangkaian acara peresmian Gedung Kuliah Terpadu Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar, “semoga kehadiran AKN ini akan memberikan kontribusi nyata dalam mengembangkan SDM yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan industri, sehingga berdampak pada produktivitas dan peningkatan ekonomi”, harapnya.

Pada sambutan via daring tersebut, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi yang merupakan lulusan dari Kobe University, Jepang, juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah Kota Blitar yang selama ini mendukung dari awal pendirian Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar. Sementara itu, pada kesempatan yang sama, walikota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd menyerukan kepada warga Blitar Raya untuk tidak melepaskan kesempatan melanjutkan pendidikan tinggi, karena dengan kuliah di Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar, biaya yang dikeluarkan nantinya akan sangat terjangkau.  

Dengan gedung yang megah dan segala fasilitas yang berkualitas serta kemudahan biaya pendidikan yang diberikan pemerintah, sudah tidak ada lagi alasan untuk ragu kuliah. Jadi, Ayo kuliah di Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar! Kampus baru semangat baru!

[adi]