Pendaftaran Program Beasiswa KIP Kuliah di Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar

Apa itu KIP Kuliah?

KIP Kuliah adalah singkatan dari Kartu Indonesia Pintar, sebuah program beasiswa kuliah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bagi siswa SMA/MA/SMK yang berprestasi, namun terkendala melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi karena masalah finansial. Fasilitas yang didapatkan dari beasiswa KIP Kuliah ini adalah 1) bebas biaya pendidikan selama kuliah, dan 2) mendapatkan bantuan biaya hidup setiap bulan. (Sumber: https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/).

Ingin daftar KIP Kuliah, Apa saja persyaratannya?

  1. Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan (2022) atau telah dinyatakan lulus  maksimal 2 tahun sebelumnya (2020, 2021), serta memiliki NISN, NPSN dan  NIK yang valid;
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah, diantaranya/salah satunya :
    1. kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau
    1. berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH); atau
    1. pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS); atau
    1. mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan; atau
    1. mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 (empat) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
    1. pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) dan dilengkapi SKTM dari desa/kelurahan.
  3. Lulus Seleksi Penerimaan Mahasiswa baru Perguruan Tinggi pada program studi yang terakreditasi

Bagaimana cara mendaftar beasiswa KIP Kuliah?

Jika Anda memiliki persyaratan yang ditentukan, bisa langsung daftar mandiri dengan cara sebagai berikut:

  1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara  mandiri di Sistem KIP-Kuliah pada laman  https://kipkuliah.kemdikbud.go.id 
  2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN  dan alamat email yang aktif;
  3. Sistem KIP-Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK,  NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP-Kuliah;
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP-Kuliah selanjutnya  akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke  alamat email yang didaftarkan;
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP-Kuliah dan  memilih proses seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/Mandiri);
  6. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau  sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi  sesuai jalur yang dipilih;
  7. Bagi calon penerima KIP-Kuliah yang telah dinyatakan  diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi  lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan  sebagai calon mahasiswa penerima KIP-Kuliah.

Lalu, bagaimana jika tidak memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), pengin kuliah tapi terkendala biaya? Tenang, bisa lakukan cara lainnya yaitu mendaftar melalui kampus.

Jika Anda tidak memiliki dokumen KIP dan KKS seperti di atas, bisa menggunakan dokumen lain dengan ketentuan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) dan dilengkapi SKTM dari desa/kelurahan.

  1. Anda bisa daftar dulu ke kampus setelah diterima sebagai mahasiswa, Anda mendaftarkan diri kepada pengelola KIP Kuliah di kampus.
  2. Mahasiswa yang mengajukan beasiswa KIP Kuliah melengkapi persyaratan berupa: Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari desa/kelurahan, dan dokumen lain yang dibutuhkan.
  3. Pengelola KIP Kuliah akan melakukan seleksi kelayakan calon penerima beasiswa KIP Kuliah dan melakukan survey lapangan untuk memastikan kelayakan penerima beasiswa KIP Kuliah.

CATATAN:

  • Segala bentuk pengajuan beasiswa KIP Kuliah dan beasiswa lain yang ada di Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar adalah GRATIS / TIDAK DIPUNGUT BIAYA dan TANPA POTONGAN. Jika Anda menemukan adanya pungutan biaya / pemotongan beasiswa, silahkan lapor ke email: spi@akb.ac.id (identitas dilindungi).

Contact Person: Panji Purnomo, S.Pd., M.Pd (082286864545), Muchamad Saiful Muluk, M.Pd. (082335160838).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *