Peletakan Batu Pertama Pembagunan Gedung Lab Terpadu Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar

Dalam rangka meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan di Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar (AKN Blitar), Wali Kota Blitar Drs. Santoso, M.Pd.  meresmikan pembangunan Gedung Lab Terpadu dengan meletakan batu pertama sebagai pondasi awal sebelum kegiatan pembangunan dilaksanakan. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis, 9 Juni 2022 bertepatan dengan rangkaian kegiatan peringatan Bulan Bung Karno di Kota Blitar. Pembangunan Gedung ini direncanakan terdiri dari tiga lantai dengan luas bangunan 2560M2 dengan tiang pancang sejumlah 92 titik dan pondasi 50 titik yanga akan menelan biaya sekitar 17 Milyar. Pembangunan dijadwalkan akan selesai pada November 2022.

DR. Drs. Halid Hasam, M.Strat.HRM. selaku direktur AKN Blitar menyampaikan dalam pembangunan Gedung ini telah melalui beberapa proses untuk memenuhi persyaratan yang pertama secara teknis telah dilaksanakan sesuai dengan masterpland dan perencanaan melalui konsultan yang kompeten dan memenuhi syarat. Kemudian yang kedua secara organisasi, dalam pembangunan gedung juga melibatkan PPK, KPA, Tim teknis, Pokja, dan lain sebagainya. Harapan beliau pembangunan ini dapat tepat waktu, tepat biaya, dan tepat mutu sehingga dalam semester berikutnya dapat difungsikan secara optimal dan maksimal untuk diperdayakan bagi pendidikan masyarakat Blitar Raya.

Dalam sambutanya Bapak Wali Kota Blitar Drs. Santoso, M.Pd. menyampaikan bahwa proses pendirian Kampus AKN Blitar sangat Panjang dan berliku-liku hingga akhirnya mendapatkan bantuan pembangunan Gedung dari pemerintah pusat. Sebelum memiliki gedung sendiri AKN Blitar sempat berpindah di beberapa lokasi dan menyewa gedung untuk menambah daya tampung untuk kegiatan perkuliahan. Beliau berharap di kota Blitar terdapat satu kampus negeri yang menjadi kebanggaan warga Blitar yang identik dengan Putra Sang Fajar dan dilengkapi dengan patung Bung Karno. Selain itu dengan didirikanya kampus negeri di Blitar dapat mengakomodir pendidikan tinggi di wilayah Tulungagung, Trenggalek,  dan tentunya Blitar raya. Rencana kedepan AKN Blitar diharapkan dapat berkembang menjadi Politeknik agar dapat menarik animo masyarakat untuk melanjutkan pendidikan di Kampus negeri kebanggaan Blitar ini. Dengan didirikannya kampus yang megah dan representatif ini pemerintah kota menyarankan pada kapala SMA dan SMK di Blitar dan sekitarnya untuk senantiasa mengarahkan lulusannya untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi karena telah tersedia perguruan tinggi yang menyediakan program studi yang link and match dengan dunia usaha dan industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *