PENANDATANGANAN MOU DAN SOSIALISASI P4GN DALAM RANGKA PRA HARI ANTI NARKOTIKA INTERNASIONAL 2022

Menjelang peringatan hari anti narkoba internasional yang diperingati tiap tahunnya pada tanggal 26 Juni, Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar (AKN Blitar) menyelenggarakan kegiatan penandatanganan MOU dan sosialisasi P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika). Kegiatan ini diselenggarakan atas Kerjasama AKN Blitar dengan BNN Kabupaten Blitar dengan harapan menjadikan Blitar Raya pada umumnya dan AKN Blitar pada khususnya menjadi kampus bebas narkoba. Kegiatan ini diselenggarakan pada 31 Mei 2022 di Ruang Aula Gedung Kuliah Terpadu AKN Blitar pukul 09.30 hingga selesai. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

            Kepala BNNK Blitar, AKBP Bagus Hari Cahyono, SE. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kasus narkoba di pada akhir-akhir ini masih sangat banyak. Berdasarkan survey, pada masa pandemi kasus narkoba justru semakin meningkat dan jawa timur menyumbang kasus terbanyak. Sekitar 60% penghuni lapas Kota Blitar berasal dari kasus narkoba. Tercatat kasus narkoba yang ditangani setiap tahunnya mencapai dua ratus kasus lebih di Kota Blitar, hal ini sempat menyebabkan terjadinya overload di Lapas sehingga tahanan harus dititipkan di kota lain. Selain itu beliau juga menghimbau bagi seluruh peserta agar senantiasa berhati-hati terhadap narkoba karena jaringan dan peredarannya bisa saja berada di sekitar kita.

Dr. Drs. Halid Hasan, M.Star.HRM dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama yang terselenggara dengan baik selama ini. Beliau berharap dengan adanya kerjasama ini dapat memperlancar kegiatan sesuai dengan MOU yang disusun dan dapat mengembangkan kegiatan lain guna menciptakan kampus Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar menjadi kampus bebas narkoba. Selain itu beliau juga senantiasa mengingatkan pada seluruh civitas akademika agar selalu menjauhi dan menghindari narkoba. Diharapkan dengan adanya sosialisasi dapat memberikan penyegaran ilmu agar senantiasa mawas diri, mampu mengenali dengan baik dan meningkatkan kesadaran terhadap akibat buruk yang ditimbulkan dari narkoba.

Kegiatan berikutnya adalah penandatanganan MOU antara AKN Putra Sang Fajar Blitar dengan BNN Kabupaten Blitar serta sosialisasi P4GN. Sosialisasi P4GN disampaikan oleh Ibu Widya Kartika Maharani, S.Pd. dengan mengusung tema “Paradigma Narkoba”. Sosialisasi ini bertujuan untuk memahami potensi, manfaat, dan Bahaya narkoba serta melindungi diri dari penyalahgunaan narkoba. Dalam sosialisasi tersebut, pemateri menyampaikan beberapa informasi antara lain tentang berbagai jenis narkoba dan dampak yang dapat ditimbulkan bagi tubuh, jenis narkoba baru berasal dari bahan sintetis yang disebut NPS, serta hukuman yang dijatuhkan bagi penyalahgunaan narkoba. Sosialisasi P4GN berakhir tepat pukul 11.00, sebagai penutup kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan tes urin bagi seluruh dosen dan tenaga kependidikan yang berstatus Calon Pegawai Negeri Sipil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *