Penyampaian Program Kerja dan Visi Misi dalam Pemilihan Bakal Calon Direktur AKB Periode 2021-2025

Senin, 22 November 2021 AKN Putra Sang Fajar Blitar meyelenggarakan pemilihan bakal calon direktur untuk periode 2021 – 2025. Pelaksanaan pemilihan ini diharapkan mendapatkan bakal calon direktur yang akan menjalankan tongkat estafet kepemimpinan di AKN Putra Sang Fajar Blitar. Sebelum menetapkan bakal calon, diperlukan pemaparan visi dan misi serta program kerja yang akan dijalankan. Pada kegiatan ini ada tiga bakal calon direktur yang menyampaikan program kerja dan visi misinya, yaitu Dr. Halid Hasan M.Strat. HRM., Imron Ridzki, S.T., M.T., dan Heru Utomo, S.E., M.Elec.Comm.

Pengambilan nomor urut oleh bakal calon

Penyampaian program kerja dan visi misi ini dihadiri oleh seluruh Senat AKN Putra Sang Fajar Blitar, dosen, dan tenaga kependidikan. Dalam sambutannya, ketua Senat AKN Putra Sang Fajar, Bapak Rafika Ahsani, M.Kom., menyampaikan bahwa dalam proses pemilihan bakal calon direktur periode 2021-2025, pihak senat akan mengadakan rapat tertutup untuk menentukan bakal calon dan selanjutnya mengajukan ke kementerian untuk masuk ke tahap berikutnya. Sebelum menyampaikan paparan, para bakal calon direktur mengambil undian nomor urut untuk menentukan urutan pemaparan visi, misi, dan program kerjanya di hadapan hadirin.

Bapak Heru Utomo, S.E., M.Elec.Comm., sebagai penampil pertama, berharap AKN Blitar bisa menjadi institusi yang terkemuka dan memiliki kekuatan atau strength. Kekuatan tersebut dari sisi status institusi yang sudah negeri, low cost, serta perhatian pemerintah yang saat ini sedang fokus dalam pendidikan vokasi. Dalam orasinya beliau menyampaikan beberapa program antara lain meningkatkan kerjasama dengan industri dan pemerintah kota, meningkatkan jumlah mahasiswa dan menambah kapasitas kampus, meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dengan pelatihan dan kuliah lanjut, serta meningkatkan prestasi mahasiswa dan dosen dengan mengikuti berbagai kegiatan tingkat nasional dan internasional.

Heru Utomo, S.E., M.Elec.Comm.

Dr. Halid Hasan, M.Strat. HRM. dari Politeknik Negeri Malang, sebagai penampil kedua, dalam orasinya beliau akan meningkatkan kuantitas input mahasiswa, meningkatkan keterserapan lulusan dalam dunia usaha dan industri, meningkatkan prestasi mahasiswa di tingkat nasional dan internasional, serta meningkatkan akreditasi dan kompetensi dosen. Dalam menjalankan semua itu, beliau menggunakan strategi yang terdiri dari tiga unsur yaitu kolaborasi, integrasi, dan engaged. Karena dengan adanya sikap terikat, saling memiliki, dan melengkapi maka semua pekerjaan yang rumit akan terasa ringan.

Dr. Halid Hasan, M.Strat. HRM.

Pemaparan ketiga disampaikan oleh bapak Imron Ridzki. S.T., M.T., yang juga berasal dari Politeknik Negeri Malang. Dalam orasinya beliau akan membentuk lulusan dari AKN Putra Sang Fajar Blitar memiliki pendidikan berkarakter, meningkatkan hasil penelitian dan buku ber ISBN, meningkatkan jiwa wirausaha pada mahasiswa, membangun sinergi antara sivitas akademika yang handal, meningkatkan kesejahteraan anggota, dan memperjuangkan pengangkatan status lulusan. Setelah bakal calon menyampaikan program kerja dan visi misinya, senat akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk menggali sikap dan pandangan dari masing-masing bakal calon. Penggalian sikap dan pandangan ini dikhususkan untuk memberikan langkah solutif terhadap beberapa permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh AKN Putra Sang Fajar Blitar yang dilakukan pada masing-masing sesi pemaparan. Selama sesi tanya jawab seluruh bakal calon direktur dapat menjawab pertanyaan dari senat dengan memberikan pandangan dan solusi berdasarkan pengalama-pengalaman kerja dan jabatan yang sebelumnya pernah diemban.

Imron Ridzki. S.T., M.T.