Webinar “Produktif di Masa Pandemik”

Penyebaran virus corona telah berdampak pada seluruh aspek kehidupan manusia. Tidak hanya dampak kesehatan, ekonomi dan pendidikan pun turut mengalami perubahan akibat fenomena tersebut. Sejumlah aturan dikeluarkan pemerintah untuk menekan jumlah kasus Covid-19 di Indonesia, diantaranya mengurangi aktivitas di luar rumah dengan memberlakukan SFH (School from Home) dan WFH (Work From Home).

Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar menyambut baik anjuran pemerintah tersebut. Berbagai kegiatan di Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar mengalami penyesuaian. Dalam hal belajar mengajar, misalnya. Kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring, dengan menggunakan platform tertentu. Tidak hanya itu, kegiatan pengabdian kepada masyakarakat dan penelitian pun tetap berjalan dengan menggunakan sistem daring.

Beberapa agenda kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan pada beberapa bulan terakhir. Dari Program Studi Penyuntingan Audio Video, mengangkat tema workshop “Pembuatan Game Edukasi Menggunakan Scratch”. Workshop yang diselenggarakan menggunakan media Google Meet ini, dibatasi untuk 50 peserta. Karena antusiasme dari masyarakat, kuota peserta diperbanyak hingga mencapai 60 peserta. Peserta terdiri dari dosen, guru, dan umum dari berbagai daerah di Indonesia. Menurut M. Kholil, Koordinator Program Studi Penyuntingan Audio Video, peserta sangat antusias dan menginginkan workshop lanjutan.

Sementara dari Program Studi Pengolahan Hasil Ternak Unggas, menyelenggarakan kegiatan yang berfokus pada peluang usaha frozen food berbahan ternak unggas.  Kegiatan ini pun berhasil menarik minat peserta, yang ditunjukkan dengan keaktifan peserta dalam memberikan pertanyaan, tanggapan dan sharing pengalaman.

Tidak ketinggalan, dari Program Studi Administrasi Server dan Jaringan Komputer pun turut menyelenggarakan pengabdian masyarakat secara daring. Sebuah tema yang menarik diangkat, yaitu “Penggunaaan Google Classroom untuk Pendidikan dengan Kuota Internet Minimum”. Kegiatan ini diselenggarakan dengan jumlah peserta sebanyak 80 orang yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia. “Pemanfaatan media online mempunyai banyak keunggulan, diantaranya dapat mengakomodasi peserta dari luar daerah Blitar, bahkan hingga luar pulau Jawa”, ujar Mujiono, salah satu narasumber pelatihan, sekaligus dosen di Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar.

Pada penghujung bulan Mei, dua kegiatan webinar dilakukan hampir serentak. Penyelenggara kegiatan tersebut berasal dari kekhususan Otomasi Perkantoran. Kedua webinar mengangkat tema entrepreneur. Kegiatan pertama berjudul “Strategi Bisnis UMKM di Masa Pandemi Covid-19” yang diselenggarakan untuk menjawab keresahan para pelaku UMKM atas dampak ekonomi akibat pandemi. Berbeda dengan kegiatan sebelumnya, webinar ini diisi oleh narasumber dari ekternal, yaitu praktisi UMKM dari Nganjuk sekaligus penulis buku “Metamorfosis Karyawan jadi Juragan”. Dalam kesempatan tersebut, Bapak Puguh Wicaksono, narasumber webinar, menyampaikan bahwa pelaku UMKM perlu ekstra kreatif agar bertahan di masa pandemi ini. Media pemasaran secara online mau tidak mau harus dimanfaatkan dengan optimal, karena tren pandemi ini mengharuskan semua masyarakat beralih ke media digital. Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 112 orang baik dari kalangan guru, dosen, mahasiswa dan pelaku UMKM.  Bagi masyarakat yang belum sempat bergabung dalam kegiatan webinar ini dapat menikmati rekaman kegiatan yang tersedia di https://www.youtube.com/watch?v=6nJAvfb5vEg.

Kegiatan webinar kedua mengangkat tema “Inspiring Entrepreneur:Membangkitkan Jiwa Entrepreneur Generasi Z” dengan narasumber Bapak Suryo Hadi Wira seorang Digital Marketing Consultant dan akademisi, yang dimoderatori oleh Masna Afandi mahasiswa Otomasi Perkantoran AKN Blitar. Webinar ini diikuti 111 peserta yang terdiri dari siswa SMA/SMK/MA dan mahasiswa. Antusiasme peserta saat mengikuti webinar menunjukkan bahwa di era pandemic tidak menghalangi para generasi Z untuk menambah wawasan di bidang entrepreneur.Kegiatan yang dikelola oleh mahasiswa Otomasi Perkantoran Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar ini merupakan proyek mata kuliah Kehumasan dan Proyek Pelayanan Informasi dan Presentasi. Diharapkan dengan praktik ini, mahasiswa memperoleh pengalamaan langsung terkait bagaimana menyelenggarakan sebuah event.

Rangkaian kegiatan yang telah diselenggarakan di atas merupakan perwujudan dari tridharma perguruan tinggi, yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan-kegiatan tersebut juga sebagai upaya untuk tetap produktif meski di masa pandemi. Melalui kegitan tersebut, setidaknya dua unsur tridharma perguruan tinggi, telah dilakukan.

[OP]