Mendalami 5 Materi Utama dalam Program Studi Pengolahan Hasil Ternak Unggas di Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar

Mendalami 5 Materi Utama dalam Program Studi Pengolahan Hasil Ternak Unggas di Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar

Blitar, 16 Februari 2024 – Blitar yang terkenal sebagai salah satu penghasil ternak unggas (ayam) terbesar di Jawa Timur, telah menjadi pusat perhatian dalam industri peternakan. Namun, untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki, diperlukan upaya untuk meningkatkan nilai tambah dari produk unggas. Program Studi Pengolahan Hasil Ternak Unggas di Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar memainkan peran kunci dalam mewujudkan tujuan tersebut.

Pengolahan hasil ternak unggas menjadi salah satu bidang studi yang penting dalam menjawab tantangan peternakan modern. Studi dalam bidang pengolahan hasil ternak unggas di Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar bukan hanya tentang memahami proses produksi dalam pengolahan hasil ternak unggas, tetapi juga melibatkan pemahaman mendalam tentang berbagai aspek dalam manajemen pengolahan hasil ternak unggas serta teknologi pengolahan yang terkini.

Mahasiswa Program Studi Pengolahan Hasil Ternak Unggas di Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar didorong untuk menguasai berbagai materi kunci yang mendukung pemahaman dan praktik dalam industri pengolahan hasil ternak unggas. Berikut adalah lima materi utama yang dipelajari oleh mahasiswa dalam program studi ini menurut Aditya Wirawantoro Putra, S.K.H., M.Pt, Koordinator Program Studi Pengolahan Hasil Ternak Unggas, Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar:

1. Pengolahan Daging Unggas: Ini meliputi proses pemotongan, pemisahan bagian-bagian daging, penghilangan tulang, penyembelihan, dan pemotongan secara higienis dan efisien sesuai dengan kebutuhan pasar atau konsumen. Pengolahan ini dapat mencakup berbagai produk daging unggas, seperti ayam potong, bebek, atau kalkun. Mahasiswa belajar tentang teknik-teknik pemotongan yang tepat, pemisahan bagian-bagian daging, penggunaan alat dan peralatan pengolahan yang sesuai, serta standar keamanan pangan yang harus dipatuhi dalam proses pengolahan daging unggas.

2. Pengolahan Telur Unggas: Pada materi ini, mahasiswa mempelajari berbagai metode pengolahan telur unggas. Proses pengolahan ini termasuk pemilahan, pencucian, pengklasifikasian (berdasarkan berat dan kualitas), pembersihan, dan pembungkusan telur. Produk-produk olahan telur juga bisa mencakup telur cair, telur beku, telur rebus, atau telur dadar dalam berbagai kemasan.

3. Pengolahan Limbah Unggas: Mahasiswa diajarkan tentang pentingnya pengelolaan limbah dalam industri peternakan unggas. Mereka belajar tentang berbagai jenis limbah yang dihasilkan selama proses beternak dan pengolahan, serta teknik-teknik pengelolaan limbah yang ramah lingkungan, termasuk daur ulang, kompos, dan penggunaan teknologi modern untuk mengurangi dampak negatif limbah terhadap lingkungan. Limbah unggas dapat berasal dari hasil kotoran, Kulit, dan bulu unggas yang dapat diolah menjadi berbagai produk, seperti kulit untuk alas kaki atau produk kulit lainnya, serta bulu untuk bantal, selimut, atau bahan isolasi ataupun pupuk cair, bahkan sebagai biocycle bahan pakan unggas melalui maggot BSF.

4. Kewirausahaan : Materi ini mengajarkan mahasiswa tentang konsep dasar kewirausahaan dalam konteks industri pengolahan hasil ternak unggas. Mahasiswa mempelajari proses atau kegiatan yang melibatkan penciptaan, pengelolaan, dan pengembangan usaha atau bisnis. Secara umum, materi kewirausahaan mencakup berbagai aspek yang terkait dengan memulai, menjalankan, dan mengembangkan usaha dengan tujuan mencapai keberhasilan dan keberlanjutan. Mereka mempelajari proses perencanaan usaha, analisis pasar, manajemen keuangan, pemasaran produk, serta pembuatan rencana bisnis yang komprehensif untuk mengembangkan usaha dalam bidang pengolahan hasil ternak unggas.

5. Komersialisasi Produk : Mahasiswa juga belajar tentang strategi komersialisasi produk hasil olahan unggas, termasuk identifikasi pasar potensial, pengembangan produk yang inovatif, branding dan promosi produk, serta manajemen rantai pasokan untuk memastikan distribusi dan ketersediaan produk yang efisien di pasaran. Mahasiswa diajarkan proses mengubah suatu produk atau inovasi menjadi produk komersial yang dapat dijual secara massal di pasar. Proses ini melibatkan berbagai langkah yang bertujuan untuk meningkatkan nilai produk, menjangkau pasar yang lebih luas, dan mencapai keberhasilan komersial.

Program studi Pengolahan Hasil Ternak Unggas di Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar menawarkan pemahaman yang komprehensif tentang berbagai aspek dalam industri peternakan unggas. Dengan kombinasi antara teori dan praktik, mahasiswa diharapkan dapat menjadi profesional yang kompeten dan inovatif dalam mengelola usaha peternakan unggas serta menghasilkan produk berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan pasar yang semakin kompleks. [fir]

Leave a Reply

Your email address will not be published.