Mahasiswa Program Studi Operasionalisasi Perkantoran Digital (OPD) Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar Sukses Menjalani Ujian Akhir Magang MBKM Mandiri dan Flagship

Mahasiswa Program Studi Operasionalisasi Perkantoran Digital (OPD) Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar Sukses Menjalani Ujian Akhir Magang MBKM Mandiri dan Flagship

Blitar, 19 Januari 2024 – Tim Mahasiswa Beasiswa Merdeka (MBKM) Program Studi Operasionalisasi Perkantoran Digital (OPD) dari Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar telah sukses menjalani ujian akhir magang pada program MBKM Mandiri dan MBKM Flagship. Kegiatan tersebut melibatkan 22 mahasiswa, termasuk lima mahasiswa yang melakukan magang di kantor PT. Indoraj Arsip Multiguna, dua mahasiswa PT. Solusi Arsip Indonesia, dua mahasiswa magang di kantor PT. BSI KC Blitar, dan enam mahasiswa magang di kantor PT. Pateron Edukasi Indonesia. Kemudian untuk Kegiatan MBKM Flagship Wirausaha Merdeka Politeknik Negeri Batam juga turut dilaksanakan, melibatkan tujuh orang mahasiswa. Seluruh kegiatan dibagi menjadi dua hari dan dilaksanakan secara daring pada tanggal 18-19 Januari 2024, dimulai pukul 8.00 hingga 13.30 WIB.

MBKM Mandiri sendiri merupakan bagian dari inisiatif Kampus Merdeka yang mendorong perguruan tinggi untuk mengelola program MBKM secara mandiri. Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar selaku Perguruan Tinggi yang menerapkan MBKM Mandiri bertanggung jawab atas perencanaan, pendanaan, dan pelaksanaan program MBKM tanpa intervensi dari Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

MBKM Mandiri menekankan aspek kemandirian, yang berarti program ini tidak disubsidi dan sepenuhnya dikelola oleh perguruan tinggi. Perguruan tinggi memiliki kebebasan untuk melaksanakan program sesuai dengan regulasi, pendanaan, linimasa, dan kebutuhan dokumentasi yang ditetapkan oleh lembaga pendidikan itu sendiri.

Sementara itu, MBKM Flagship merupakan program MBKM yang dikelola oleh Kemendikbudristek. Program ini telah ditetapkan beserta program-program, regulasi, dan jadwalnya. Kemdikbudristek menyediakan petunjuk teknis sebagai panduan penyelenggaraan program ini.

Ujian akhir magang ini dihadiri oleh seluruh dosen Program Studi OPD, termasuk Shanti Ike Wardani, SAB, M.Si, Anna Widayani, S.Pd, M.AB, Ika Rachmawati, S.AB, M.A, Adiguna Sasama Wahyu Utama, M.AB., Hindra Kurniawan, M.Pd, Nunuk Latifah, SE, M.M, dan Rani Arifah Normawati, S.AB, M.AB, yang bertindak sebagai pembimbing, penguji, dan pembahas dalam ujian laporan akhir.

Menurut Koordinator Program Studi OPD, Shanti Ike Wardani, SAB, M.Si, ujian ini merupakan bagian dari upaya internal kampus untuk mengonversi capaian kredit semester bagi mahasiswa yang telah menjalani program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. “Selain sebagai konversi nilai, kegiatan ini juga dilakukan untuk memastikan apa yang mereka kerjakan di tempat magang sesuai dengan mata kuliah yang tertulis dalam Memorandum of Agreement (MoA),” ungkap Shanti Ike Wardani.

Pelaksanaan ujian akhir magang ini, sebagai penanda selesainya tahapan penting dalam pengembangan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa di dunia industri. Diharapkan dengan kegiatan magang MBKM mandiri dan MBKM flagship ini dapat menjawab tantangan Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yang sesuai perkembangan zaman, kemajuan IPTEK, tuntutan dunia usaha dan dunia industri, maupun dinamika masyarakat. [fir]

Leave a Reply

Your email address will not be published.