Pembangunan Kampus Putra Sang Fajar Blitar Dipastikan Dilakukan pada Tahun 2020

Hari Senin, 19 Agustus 2019 yang lalu hingga tanggal 21 Agustus 2019, perwakilan AKN Putra Sang Fajar Blitar memenuhi undangan dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (SDID), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dalam rangka Workshop Pelaksanaan Proyek SBSN Tahun 2020. Dalam acara tersebut, disampaikan bahwa AKN Putra Sang Fajar Blitar diputuskan memperoleh alokasi dana SBSN. SBSN sendiri merupakan Surat Berharga Syariah Negara atau Sukuk Negara yaitu salah satu sumber dana APBN untuk pembiayaan proyek infrastruktur, selain sumber dana lain seperti pinjaman luar negeri, pinjaman dalam negeri, Rupiah Murni, penugasan BUMN serta KPBU. Pembiayaan infrastruktur berbasis SBSN di Indonesia mulai dikembangkan pemerintah pada tahun 2013 dan telah mencapai 62,4 triliun pada tahun 2018. Pembiayaan bersumber SBSN ditujukan untuk proyek strategis nasional diantaranya pada bidang pendidikan.

AKN Putra Sang Fajar Blitar bersama dengan 24 perguruan tinggi lainnya di lingkup Kemristekdikti mendapatkan kesempatan memperoleh pembiayaan SBSN. Sesuai keperuntukannya, proyek tersebut digunakan untuk membiayai pembangunan gedung perkuliahan AKN Putra Sang Fajar Blitar, yang direncanakan berlokasi di jalan dr. Sutomo, Kota Blitar. Pembangunan dilakukan di area seluas kurang lebih 2,3 hektar. Menurut bapak Firman Hidayah salah satu tim proyek SBSN, pembangunan dengan sumber dana SBSN tersebut akan digunakan untuk pembangunan satu gedung perkuliahan yaitu gedung prodi Penyuntingan Audio Video (PAV). Sementara, pembangunan gedung prodi lainnya akan dilakukan secara bertahap. Pembangunan satu gedung tersebut harus selesai sebelum akhir tahun 2020, oleh karenanya persiapan pembangunannya harus segera dilakukan tahun ini. Dengan demikian pada tahun 2021, gedung baru tersebut sudah dapat digunakan sebagai sarana perkuliahan mahasiswa. Sementara ini, perkuliahan diselenggarakan di jalan Tanjung No 1, di kompleks SMA YP Kota dengan status sewa.

Dengan dibangunnya kampus AKN Putra Sang Fajar Blitar, diharapkan proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan lebih baik. “Kita ingin lebih baik lagi dalam memberikan layanan kepada masyarakat khususnya mahasiswa. Harapannya, AKN Putra Sang Fajar dapat memberikan alternatif pendidikan tinggi bagi masyarakat Blitar dan sekitarnya. Hasil akhirnya tujuan penyelenggaraan akademi komunitas oleh pemerintah dapat tercapai,” ungkap Direktur AKN Putra Sang Fajar Blitar, Bapak Drs. Pudji Herijanto,M.AB yang juga turut menghadiri acara workshop tersebut.

[Ran]