Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru AKN Putra Sang Fajar Blitar

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap awal tahun akademik. PKKMB dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 28 Agustus sampai 30 Agustus 2019 terselenggara atas kerja sama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) AKN Putra Sang Fajar Blitar dengan panitia PKKMB AKN Putra Sang Fajar Blitar. Kegiatan ini ditujukan agar mahasiswa baru mengenal dan memahami lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.

Pada hari pertama yaitu Rabu, 28 Agustus 2019, PKKMB dilaksanakan di Istana Gebang. Rangkaian kegiatan PKKMB resmi dibuka oleh Bapak  Drs. Pudji Herijanto, M.A.B. selaku Direktur AKN Putra Sang Fajar Blitar. Kegiatan selanjutnya adalah pengenalan program studi AKN Putra Sang Fajar Blitar yang disampaikan oleh masing-masing koordinator prodi yaitu Ibu Nunuk Latifah S.E, M.M. untuk Prodi Administrasi server Jaringan dan Komputer,  Bapak Ismanto, S.Pd, M.T untuk Prodi Penyutingan Audio Video, dan Bapak David Kurniawan, S.Pt, M.P untuk Prodi Pengolahan Hasil Ternak Unggas. Setelah pengenalan kampus dan prodi dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi wawasan kebangsaan yang disampaikan oleh perwakilan dari Koramil Kapten ARH Narimo, penyuluhan bahaya narkoba dengan pemateri Anindhita R.K, S-Ikom, dan pencegahan radikalisme di lingkungan perguruan tinggi yang disampaikan oleh Ketua MUI Blitar, Drs. KH. Subakir, M.Ag.

Pada hari kedua PKKMB, Kamis 29 Agustus 2019 terdapat agenda seminar motivasi untuk mahasiswa baru bertempat pada Ruang Audio Video Perpustakaan Bung Karno. Seminar motivasi ini mengambil tema “Membentuk Karakter dalam Era Industry 4.0 dan Society 5.0” dengan pemateri dari Universitas Amikom Yogyakarta yaitu Bapak Erik Hadi Saputra, S.Kom, M.Eng. Terdapat banyak hal menarik dalam seminar ini, salah satu diantaranya terdapat tes Inventarisasi Reaksi Sosial (IRS) yang dapat digunakan untuk mengetahui kepribadian dan kemampuan pribadi individu. Tes IRS ini dilaksanakan oleh seluruh peserta dan panitia PKKMB. Hasil dari tes IRS akan menggambarkan grafik profil diriyang terdiri dari tiga jenis motif sosial yaitu Need of Achivement, Need of Affiliation dan Need of Power. Need of Achievement adalah kebutuhan untuk mencapai sesuatu, di mana individu dengan nilai tinggi akan cenderung suka berkompetisi dan mengatasi masalah secara unik. Berikutnya Need of Affiliation adalah kebutuhan untuk menjalin hubungan, individu dengan nilai tinggi akan cenderung suka bersosialisi, bergotong royong dan khawatir akan terputusnya persahabatan. Terakhir Need of Power adalah kebutuhan untuk memperoleh kekuatan, yang mana individu dengan nilai tinggi akan cenderung ingin dihormati, berpendirian teguh, peka terhadap intrapersonal dan mengendalikan orang lain.

Pada hari terakhir PKKMB, Jumat 30 Agustus 2019 dilaksanakan kegiatan senam pagi, bakti sosial dan penutupan PKKMB. Kegiatan senam pagi dilaksanakan mulai jam 6.00 WIB dengan dipandu oleh ketua panitia PKKMB Bapak Moch. Kholil, S.Kom, M.T. Setelah kegiatan senam pagi selesai, dilajutkan kegiatan bakti sosial yakni pemberian tanaman ke warga di daerah sekitar kampus AKN Putra Sang Fajar.

Setelah para mahasiswa baru selesai melaksanakan bakti sosial, diberikan beberapa permainan untuk melatih kekompakan. Kemudian pada pukul 10.00, dilaksanakan prosesi penutupan kegiatan PKKMB. Bapak Direktur AKN Putra Sang Fajar Blitar, Drs. Pudji Herjanto, M.A.B memimpin penutupan PKKMB yang dilaksakan di lapangan depan. Kegiatan berlangsung dengan khidmat dan lancar, seluruh mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan PKKMB hingga akhir dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan sertifikat PKKMB.

[fua]